Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Dikutip dari Wikipedia , puasa adalah pantang atau pengurangan dari sebagian atau semua makanan, minuman, atau keduanya, untuk jangka waktu tertentu. Puasa mutlak cepat atau kering biasanya didefinisikan sebagai pantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya 24 jam, atau beberapa hari. Umat ‚Äč‚ÄčKristiani melakukan puasa tahunan selama periode Prapaskah, yang biasanya jatuh antara Maret dan April, sementara umat Islam mengikuti kalender lunar untuk mengamati puasa Ramadhan mereka dan manfaat puasa senin kamis untuk kesuksesan.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari puasa

Puasa membantu menurunkan berat badan

Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan sebagaimana banyak penelitian telah tunjukkan. Jika dikontrol dalam jangka waktu tertentu, itu memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa.

Puasa intermiten memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi daripada gula. Banyak atlet sekarang menggunakan puasa sebagai sarana untuk memukul persentase lemak tubuh rendah untuk kompetisi.

Puasa mempromosikan umur panjang

Percaya atau tidak, semakin sedikit Anda makan semakin lama Anda akan hidup. Penelitian telah menunjukkan bagaimana masa hidup orang-orang dalam budaya tertentu meningkat karena makanan mereka. Namun, kita tidak perlu hidup di antara komunitas asing untuk memetik manfaat dari puasa. Salah satu efek utama penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat. Semakin muda tubuh Anda, semakin cepat dan lebih efisien metabolisme Anda. Semakin sedikit Anda makan, semakin rendah biaya yang dibutuhkan untuk sistem pencernaan Anda.

Puasa membantu otak Anda berfungsi dengan baik

Puasa membantu otak berfungsi lebih baik dengan meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

BDNF mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru dan memicu banyak bahan kimia lain yang mempromosikan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak Anda dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Puasa meningkatkan sistem kekebalan Anda

Puasa intermiten meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan kelaparan pembentukan sel kanker.

Di alam, ketika hewan sakit mereka berhenti makan dan malah fokus untuk beristirahat. Ini adalah naluri primitif untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka sehingga tubuh mereka dapat melawan infeksi. Kita manusia adalah satu-satunya spesies yang mencari makanan ketika kita sakit, bahkan ketika kita tidak membutuhkannya.

Puasa membersihkan kulit dan mencegah jerawat

Puasa dapat membantu membersihkan kulit. Dengan tubuh yang sementara dibebaskan dari pencernaan, ia mampu memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain.

Melewatkan makan hanya satu hari membantu tubuh untuk membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya, seperti hati, ginjal dan bagian lain.

Leave a Reply