Jenis-Jenis Genset dan Spesifikasinya

Jenis-Jenis Genset dan Spesifikasinya

Eragenset – Secara umum, genset bisa dibedakan jadi dua bagian berdasarkan bahan bakar yang dipakai, yaitu diesel generators dan gasoline generators. Dari keduanya, mungkin Anda sudah pernah melihat salah satu atau bahkan menggunakannya sebagai cadangan sumber listrik kedua. Perbedaan yang dimiliki pada dua jenis genset tersebut bisa Anda simak di bawah ini:

Gasoline Generators

Merupakan jenis mesin genset yang memakai bensi sebagai bahan bakarnya. Pemakaian bahan bakar jenis ini adalah pengembangan dari teknologi mesin genset yang terdahulu, di mana kebanyakan masih memakai bahan bakar solar. Bila melihat berdasarkan dari teknologi yang dipakai pada mesinnya, jenis mesin genset ini memiliki dua jenis:

  • Genset dengan mesin 2 tak
  • Genset dengan mesin 4 tak

Perbedaan yang kentara yang tampak dari kedua jenis genset tersebut terletak pada fungsi kinerjanya, di mana di jenis mesin genset 2 tak mempunyai karakteristik torsi jauh lebih besar serta mempunyai komponen mesin yang cenderung lebih sedikit daripada yang jenis 4 tak, jadi genset mesin 2 tak memang diciptakan jauh lebih mungil. Pada genset mesin 4 tak, proses pengembangan dari produk bersifat variatif, tidak heran jika mesin genset ini yang paling sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari, genset 4 tak pun lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan.

Diesel Generators

Sebelum mesin genset gasoline populer di kalangan masyarakat, umumnya kita menggunakan genset dengan bahan bakar utama diesel, saking populernya cukup banyak masyarakat yang menyebut genset jenis ini dengan nama Dongfeng, mengingat merk itulah yang paling terkenal saat itu. Pemakaian genset ini dapat dipakai untuk memberikan suplai daya listrik saat Anda berencana menggelar acara skala besar seperti pentas seni, hajatan dsb. Generator diesel memang diciptakan dengan daya yang tinggi, sekitar 10.000-100.000 watt. Bahkan kini dikembangkan fitur terbaru sehingga genset tidak akan berisik saat digunakan, atau dibuat dalam ukuran yang lebih kecil jadi bisa dibawa kemana saja dengan cukup mudah.

Dari kedua jenis genset di atas, manakah yang menurut Anda paling sesuai untuk kebutuhan rumah, kantor dan sektor industry?.

Leave a Reply