Inilah motherboard MSI Terbaru Khusus untuk Gaming

Inilah motherboard MSI Terbaru Khusus untuk Gaming

Teknorus – Setelah motherboard overclocking, MSI mulai menghadirkan wakilnya di segmen gaming yang belum dijamahnya. MSI berupaya mengukir kesuksesan serupa lini notebook gaming mereka termasuk dengan membenamkan ftur unggulannya. Namun, tak seperti seperti Gigabyte maupun ASUS yang bermain diharga premium, MSI menyuguhkan tawaran harga yang ramah dikantong. Z77A-GD65 Gaming adalah unggulan dalam lini motherboard gaming MSI yang akan kita bahas saat ini. Skema warna hitam dan merah seperti kebanyakan motherboard gaming turut melekat pada Z77AGD65 Gaming meski hanya untuk komponen heatsink chipset dan VRM.

 

MSI memberikan kesan garang berkat motif naga yang terukir pada heatsink chipset sebagai lambang komunitas pengguna seri motherboard gaming MSI Dragoon Army. Di luar itu, MSI membenamkan ftur unggulan motherboard mereka seperti komponen Military Class III, OC Genie II serta CPU VRM 12-phase. Sayangnya, MSI tidak menawarkan solusi pendingin cair yang terintegrasi pada heatsink. Meski demikian, MSI menawarkan kecepatan overclock memori DDR3 hingga 3000 MHz yang sudah tidak asing diusung motherboard kelas atas. Agar tetap berada di segmen harga menengah, MSI tidak mencoba terlalu royal untuk urusan ftur yakni ftur penting gaming yakni kontroler jaringan dan port untuk perangkat gaming yang diperhatikan khusus.

 

Seperti lini notebook gaming mereka, MSI menggunakan antarmuka kontroler jaringan Atheros Killer E2205 dari Qualcomm yang akan memprioritaskan lalu-lintas data gaming untuk mengurangi jeda (lag) saat bermain game online. Kecepatan respon juga ditingkatkan untuk perangkat gaming seperti keyboard dan mouse yang memungkinkan polling rate hingga 1000 MHz. Sayangnya, tidak ada tambahan hardware untuk peningkatan audio selain Realtek ALC898 dengan dukungan Creative Sound Blaster Cinema. Tiga slot PCI Express 3.0 x16 dirasa cukup oleh MSI yang memungkinkan konfgurasi multi-GPU x8x8 atau x8x4 x4 bagi penggila gamer. Meski tak menyediakan slot PCI, MSI membenamkan empat slot PCI Express 2.0 x1 bagi Anda yang ingin menancapkan sound card pilihan. Di antara empat SATA III 6 Gbs, dua di antaranya disediakan oleh chip ASMedia ASM1061.

 

Namun MSI hanya melengkapi Z77A-GD65 Gaming dengan empat port USB 3.0 tanpa dukungan kontroler pihak ketiga, dua di antaranya berada pada panel belakang. Meski ditujukan bagi gamer yang hampir pasti menggunakan GPU diskrit, MSI tetap menyediakan satu port D-Sub, DVI dan HDMI tanpa port DisplayPort. Ketiga port tersedia seandainya pengguna ingin memanfaatkan teknologi Lucid Virtu MVP agar bisa berganti antara Intel HD Graphic maupun GPU diskrit. Secara umum, Z77AGD65 Gaming tawaran MSI ini tergolong memadai sebagai platform gaming berkat ftur kontroler jaringan Atheros Killer E2205 dari Qualcomm serta port USB dan PS2 khusus bagi periferal gaming. Bagi yang menginginkan overclocking pun tetap terlayani dengan dukungan komponen MSI Military Class III untuk stabilitas sistem saat gaming

Leave a Reply