Codec Opus – Analisis Suara Pada Percakapan Telepon

Codec Opus – Analisis Suara Pada Percakapan Telepon

Download Game Ppsspp – SILK sangat cocok untuk sinyal frekuensi rendah dengan sample rate sampai 16 kHz (karakteristik percakapan telepon). Semua data audio di bawah 16 kHz pada Opus di-encoding oleh SILK. Encoder SILK terdiri atas modul-modul yaitu analisis, pre-filter, encoding dan output (lihat gambar di halaman kiri). Fokusnya adalah analisis suara yang berfungsi sebagai pendeteksi suara. Setelah sinyal suara dan noise dipisah, voice frame dipecah-pecah menjadi unit yang lebih kecil berdasarkan frekuensinya. Kemudian, SILK menyaring timelag dan mendeteksi karakteristik sinyal suara. Optimasi kedua dilakukan dengan analisis noise. Seluruh noise sedapat mungkin dikemas dalam subframe yang kecil sehingga tidak memakan bandwidth. Berbekal hasil analisis itu, SILK menggunakan frekuensi suara tinggi dan kuantisasi frekuensi. Sarana lain untuk memperoleh hasil yang baik adalah noise shaping quantization. SILK memerhatikan optimasi yang tidak perlu dan berusaha agar noise yang tak terhindari hanya mengonsumsi sedikit Bitrate.

Semua sinyal frekuensi tinggi sampai dengan 20 kHz diproses oleh encoder CELT. Seperti MP3 dan AAC, encoder ini mengubah frekuensi dengan bantuan Cosinus transformation yang telah dimodifikasi menjadi koefisien-koefisien. Pada proses quantization selanjutnya, semua koefisien yang sulit atau tak dapat didengar telinga manusia akan dibuang. Lantaran SILK dan CELT dapat bekerja secara simultan, pengembang mendefinisikan tiga mode untuk OPUS. SILK-mode murni untuk komunikasi suara pada bandwidth kecil, Hybridmode untuk komunikasi suara dengan kualitas terbaik dan CELT-mode murni untuk musik. Pengguna Firefox mulai versi 15 dapat memutar file-file Opus tanpa melalui plug-in. Sementara VLC Media Player akan segera mengintegrasikan Opus. Untuk mencoba standar audio ini, PERBANDINGAN CODEC Dibandingkan dengan audio codec lain, Opus menghasilkan Bitrate bandwidth yang lengkap dengan delay singkat.

Voice codec yang digunakan pada ponsel memang sama cepatnya, namun tidak dapat menghasilkan kualitas yang baik. Sementara, codec musik konvensional tidak mampu mengirim output secara realtime MUSIK & SUARA CELT mengompresi musik secara realtime. Data dikemas dalam frameframe kecil sehingga delay-nya hanya berkisar 2,5 ms. SILK memproses sinyal sebelumnya dengan sample rate 16 kHz. Setelah itu, proses encoding dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *