Belajar lebih Mengenai Perikarditis

Perikarditis adalah peradangan pada lapisan jantung (Perikardium). Fungsi dari perikardium sendiri itu menjaga letak jantung dan membantu kerja jantung.

PENGETAHUAN – 5% penderita dengan keluhan nyeri bagian dada, disebabkan perikarditis. Penyakit ini lebih banyak menerang laki-laki, dan tidak memandang usia, semua usia berpotensi untuk terserah perikarditis ini.

Gangguan perikarditis kadang terjadi sangat ringan, hanya dapat pulih dengan istirahat dan terapi sederhana. Jika gangguan ini lebih serius, penyakit ini bisa berlangsung selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

PENYEBAB PERIKARDITIS

90% kasus ini tidak diketahui penyebabnya, namun ada beberapa dugaan;

  • Kanker baguan tubuh lain yang telah menyebar dan merusak perikardium.
  • Cedera berat pada dada (Operasi termasuk di dalamnya).tindakan yang dapat mencederai perikardium.
  • Obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi.
  • Biasanya virus yang menyebabkan pilek, bronkidis, herpes, HIV, Hepatitis C.
  • Infeksi Bakteri dari TBC

 

DIANGNOSIS PERIKARDITIS

Pemeriksaan fisik, menanyakan riwayat penyakit dapat ditanyakan oleh dokter untuk mengetahui keberadaan gangguan perikarditis. Selain dari 2 hal tersebut, beberapa tes lain dapat dilakukan untuk memastikan kebenaran diagnosis dokter tersebut, antara lain;

  • CT Scan menggunakan elektromagnetik yang dapat memperlihatkan gambaran jantung dan perikardium dengan jelas. Nah, pemeriksaan satu ini dilakukan untuk melihat kemungkinan lain dari nyeri dada.
  • Foto Rontgen dada. Dapat dilakukan untuk meihat gambaran jantung, paru-paru dan pembuluh darah. Jika ada gangguan dari Efusi Perikardium, jantung akan tampak membesar.
  • Tes Darah. Memeriksa infeksi dan fungsi hati dan ginjal.
  • EKG (Elektrokardiogram) yang dapat mendeteksi dan reka, aktivitas daya kelistrikan jantung.
  • MRI Scan. Mendapatkan gambaran secara rinci jantung dan jaringan pada sekitarnya. Hasil dari MRI Scan dapat erlihat apakah ada penebalan, peradangan atau perubahan dari parikardium.

GEJALA PERIKARDITIS

  1. Nyeri pada tengah atau kiri dada. Rasanya seperti ditusuk.
  2. Merasa lemah dan mudah lelah.
  3. Jantung berdebar dengan tidak wajar
  4. Demam
  5. Batuk
  6. Napas pendek saat berbaring.
  7. Bengkak pada perut dan kaki
  8. Berkeringat dingin

Perikarditis sendiri terbagu menjadi 3, perikarditis akut, kronis, dan berulang. Anda dapat mengkonsultasikan kepada dokter anda jika ada merasa kejanggalan pada tubuh anda. Supaya mendapatkan pengobatan tidak terlambat.

Leave a Reply