Apa sebenarnya diabetes itu ?

Seperti halnya dengan penyakit-penyakit lain, diabetes pun ada pengertian dan penjelasannya baik secara medis maupun tradisional.  Pengertian diabetes menurut medis adalah suatu kondisi dimana yang ditandai dengan kenaikan kadar gula dalam darah diatas normal. Diabetes ini disebabkan oleh dua faktor utama.

Faktor-faktor utama penyebab diabetes :

  1. Defisiensi insulin.  Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas yang berfungsi mengolah gula menjadi energi yang dialirkan ke seluruh tubuh lewat pembuluh-pembuluh darah. Namun dalam hal ini pankreas tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup atau bahkan tidak menghasilkan sama sekali. Akhirnya terjadi penumpukan gula dala darah. Pada saat dilakukan pemeriksaan gula darah maka didapatkan hasil gula darah yang tinggi. Kondisi ini disebut hyperglikemi.
  2. Resistensi insulin. Kondisi ini menggambarkan jumlah atau kadar insulin yang dihasilkan organ pankreas dalam jumlah yang memadai. Akan tetapi terjadinya disfungsi insulin yang menyebabkan insulin tidak mampu melaksanakan tugaasnya dengan baik. Alhasil gula pun dalam keadaan ini tidak berubah menjadi energi yang disalurkan ke seluruh sel-sel tubuh, dan terjadilah penumpukan gula dalam darah.

Siapa saja yang dapat terkena diabetes :

  1. Orang-orang dengan riwayat diabetes di keluarganya.  Seseorang yang memiliki orang tua diabetes akan memiliki  potensinya lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan dengan orang-orang yang terlahir tanpa riwayat genetik diabetes.
  2. Bayi-bayi terlahir dengan berat badan berlebih diatas 4 kg
  3. Obesitas, berat badan yang tidak terkontrol dapat meningkatkan resiko terkena diabetea
  4. Perokok.
  5. Peminum alkohol
  6. Hipertensi, orang dengan  tekanan darah tinggi memiliki kecenderungan terkena diabetes
  7. Tidak melakukan olahraga
  8. Orang-orang dengan pola makan tidak sehat atau tidak teratur
  9. Usia diatas 40 tahun lebih rentan terkena diabetes dibandingkan dengan usia muda

Bagaimana penanganan diabetes :

  1. Melakukan pemeriksaan darah secara rutin
  2. Rajin berolahraga
  3. Disiplin melakukan pola diet sehat. Mengurangi makanan dan minuman manis. Memperbanyak sayur dan buah yang kaya akan serat
  4. Berhenti merokok
  5. Berhenti minum alkohol
  6. Melakukan pemeriksaan mata secara berkala
  7. Bila  dokter meresepkan obat-obatan  insulin, jangan pernah lalai dan lupa untuk selalu disiplin melakukan penyuntikan insulin tepat waktu

 

Leave a Reply