3 Teknikal Perawatan Alat Berat Untuk Bisnis Rental yang Lancar

3 Teknikal Perawatan Alat Berat Untuk Bisnis Rental yang Lancar

Sewarentalalatberatbali – Saat membuat keputusan untuk membuka usaha rental alat berat, sebagai penyedia produk sudah sepatutnya jika Anda rajin memberikan perawatan pada alat berat yang Anda miliki karena tiap kali digunakan untuk beroperasi, alat berat yang Anda miliki akan menunjukkan penurunan kualitas dan kemampuannya, karena kita tidak tahu dengan pasti bagaimana cara kerja operator dalam menggunakan alat berat yang kita miliki, apakah sudah sesuai dengan prosedur atau tidak. Berikut ini cara perawatan alat berat agar usaha rental alat berat tetap berjalan dengan lancar.

Preventive Maintenance

Perawatan yang satu ini dimaksudkan untuk mencegah atau memindahkan peluang munculnya gangguan atau kerusakan yang terjadi pada mesin. Perawatan ini dilakukan dengan baik secepatnya, kita tidak usah menunggu mesin rusak terlebih dahulu. Tindakan perawatan ini terbagi dalam 3 model yaitu:

  1. Perawatan berkala

Merupakan pelaksanaan perawatan yang wajib dilakukan pasca peralatan berat dipakai dalam jangka waktu operasi tertentu. Total jam kerja mesin ini sudah disesuaikan sebelumnya dengan jumlah yang diperlihatkan oleh pencatat jam operasional yang terdapat pada alat berat tersebut. Perawatan berkala ini meliputi:

  • Inspeksi berkala yaitu pemeriksaan maupun inspeksi harian yang wajib dilakukan sebelum unit digunakan atau pemeriksaan mingguan yang berfungsi untuk membantu mengetahui kondisi mesin apakah bisa dan aman untuk dioperasionalkan. Untuk melaksanakan inspeksi berkala ini, Anda mungkin membutuhkan beberapa hal seperti check sheet atau daily check.
  • Peraawtan berkala yaitu perawatan pada unit mesin demi menjamin operasional mesin sehingga saat mesin digunakan tidak akan ada kerusakan yang terjadi.
  1. Jadwal Overhaul

Merupakan jenis perawatan yang dilaksanakan dengan interval tertentu, harus disesuaikan terlebih dahulu sesuai standar overhaul terhadap tiap tiap komponen yang tersedia. Jadwal ini dilakukan untuk membantu merekondisi mesin serta komponen supaya kembali berada dalam kondisi standar sebagaimana standar pabrikan.

  1. Condition Base Maintenance

Merupakan jenis perawatan berfungsi untuk membantu mengembalikan kondisi alat berat hingga berada dalam kondisi seperti sedia kala dengan melakukan berbagai teknikal service seperti PPM, PPU dsb.

 

Leave a Reply